top
channel
NGETREND | FORYOU | BELANJA | KESEHATAN
Rabu, 1 Februari 2012 - 02:52

Kontak Mata Bisa Deteksi Autis


Kontak Mata Bisa Deteksi Autis

TERKAIT

Jakartapress.com – Dari sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa pola yang tidak biasa dari kontak mata dapat membantu mendeteksi gejala autisme pada bayi yang berusia enam bulan.

Jurnal Current Biology melaporkan, peneliti utama dalam studi ini, Kristelle Hudry, psikolog dari La Trobe University, Australia dan rekan-rekannya dari Inggris, memelajari bayi berusia 6-10 bulan yang berisiko terkena autisme.

Mereka menempatkan sensor pada kulit kepala bayi untuk memantau dan merekam aktivitas otak bayi-bayi tersebut.

Bersamaan dengan itu para peneliti mengamati pula ekspresi wajah bayi tersebut melalui video yang dikaitkan dengan aktivitas otaknya. "Hasil ini penting karena diagnosa dini dapat mencapai hasil terbaik bagi individu dengan gangguan spektrum autisme, melalui akses awal untuk intervensi," kata Hudry.

Penelitian ini sangat penting karena diagnosa yang selama ini dilakukan menggunakan metode yang ada hanya dapat dilakukan setelah anak berusia dua tahun.

Sementara dengan temuannya itu, gejala autis dapat dideteksi lebih awal, yaitu saat bayi berusia enam bulan.

Mark Johnson, profesor dan kepala penyelidik, Universitas London, Inggris mengatakan, penelitiannya ini merupakan kali pertama yang mengarah pada pengukuran fungsi otak selama tahun pertama kehidupan untuk mendiagnosa ada tidaknya potensi autisme.  [bs/n]






KOMENTAR ANDA

Kontak KamiTentang KamiDisclaimerLowongan
Copyright © 2011 design by fonda > www.jakartapress.com

DMCA.com