top
EDITORIAL | FOKETODAY | BEAUTYCLINIC | SOLUSIHUKUM | TAROT | JAKARTA1
Jumat, 11 November 2011 - 17:40

Peluang Tantowi Lebih Besar dari Prya


Peluang Tantowi Lebih Besar dari Prya

TERKAIT

Jakartapress.com - Saat ini ada dua bakal calon kuat dari Partai Golkar yang akan melaju pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012 mendatang. Keduanya adalah anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya dan Ketua Umum DPD Golkar DKI Jakarta Prya Ramadhani.

"Perdebatannya nanti apakah Golkar maju untuk posisi gubernur tapi dengan syarat mencari kursi tambahan sebesar delapan kursi lagi. Ataukah cukup sebagai calon wakil gubernur dengan posisi Golkar itu pihak yang diajak partai lain. Jadi bukan pihak yang aktif mengajak partai lain," ujar fungsionaris DPP Partai Golkar Indra J Pilliang, di Jakarta, Jumat (11/11/2011).

Dia menjelaskan, sejauh ini, Tantowi Yahya tidak mungkin maju sebagai wakil gubernur, artinya hanya akan maju sebagai orang nomor satu. Sementara Prya, besan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie itu ada kemungkinan, kalaupun maju, hanya menjadi wakil gubernur.

"Jadi ini saja. Kalau Golkarnya pasif, kemungkinan hanya mengajukan posisi wakil gubernur, dan di sini peluang Pak Prya besar. Tapi kalau Golkar aktif dan didukung penuh oleh DPP untuk posisi gubernur itu peluang Tantowi Yahya jadi kuat," jelasnya.

Menurutnya, secara internal, partai berlambang pohon beringin itu tentu menginginkan posisi gubernur untuk kadernya. Bila memang ingin mengajukan calon gubernur, seperti dia sebutkan di atas, DPP Partai Golkar diberi tanggung jawab untuk melakukan lobi-lobi dan menggandeng partai lain agar terpenuhi syarat, yaitu mengantongi 15 kursi di DPRD. Saat ini, Golkar hanya mengantongi 7 kursi.

Bahkan, lanjut Indra, partai besar seperti PKS dan Demokrat, juga bisa diajak bergabung. Bila calon dari Golkar memiliki elektabilitas lebih tinggi dibanding calon dari dua partai tersebut. "Hampir semua partai bisa diajak," tegas mantan peneliti CSIS itu. [wah/sk]






KOMENTAR ANDA

Kontak KamiTentang KamiDisclaimerLowongan
Copyright © 2011 design by fonda > www.jakartapress.com

DMCA.com