top


vi TOP VIDEO
jakvideo

vi FONDAISME
karikatur


news BERITA POLITIKUS TERKINI
editorial
editorial
Jakarta

" Klakson Andi Suruji "
Jakarta Jakarta adalah magnet yang menyedot manusia untuk datang berkerumun dan menempel, berjubel, beragam kepentingan, Baik, buruk, tulus atau pun kepura-puraan.


SBY-Boediono Bakal Jadi Target Tuduhan

Oleh: Bambang Soesatyo
SBY-Boediono Bakal Jadi Target Tuduhan Jika SBY-Boediono tak maksimal cegah kerugian negara, otomatis jadi target tuduhan dan kecurigaan masyarakat.


KPK Tetap Lindungi Orang Besar?

Oleh: Derek Manangka
KPK Tetap Lindungi Orang Besar? Jika KPK sungguh-sungguh mau lakukan investigasi terhadap orang-orang 'besar', sebetulnya tidak sulit.



crime

Dibina, 46 TKI Gagal Berangkat ke Arab Saudi


ci

TERKAIT

Jakartapress.com – Sebanyak 46 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal PT Citra Putra Indarab yang diselamatkan oleh petugas BNP2TKI lantaran gagal diberangkatkan kini sudah berada di penampungan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Ciracas, Jakarta.
 
Diberitakan sebelumnya terdata 52 TKI yang ingin dikembalikan ke rumahnya masing-masing. Namun setelah didata terakhir, ternyata jumlah TKI yang pulang menjadi 46 orang. Ke-46 TKI Penata Laksana Rumah yang semuanya perempuan itu dengan kemauan sendiri minta dipulangkan oleh Kombes Pol BNP2TKI, Yunarlim Munir. Alasannya, mereka lelah dengan janji perusahaan yang tetap menunggu hingga 2,5 bulan akan adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi yang membuka kembali pengiriman TKI PLRT.
 
“Ke-46 TKI PLRT asal PT Citra kini dalam keadaaan sehat wal’afiat di penampungan BP3TKI Jakarta,” ujar Kepala BP3TKI Jakarta, Delta, SH, MH dalam wawancara dengan selularnya, Selasa (13/9).
 
Delta menjelaskan Selasa Pagi (13/9) sudah memberikan pengetahuan tentang syarat  menjadi TKI yang benar sesuai Pasal 51 UU No. 39/2004. Di Pasal itu dijelaskan bahwa  setiap TKI yang akan berangkat harus lebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) untuk memastikan kesehatannya. Setelah itu, mereka juga harus dilatih selama 200 jam, dan akhirnya dilakukan Sertifikasi Kompetensi.
 
“Di antara mereka ada yang baru 2 hari tiba di penampungan langsung diproses tanpa dicek kesehatannya,”  ungkap Delta
 
Karena itu, kata Delta, ke 79 TKI yang ada di penampungan tidak satupun memiliki  Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). Apalagi KTKLN baru akan diterbitkan setelah para TKI itu terlebih dahulu mengikuti Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP). “Jangankan memiliki KTKLN, PAP saja ke-79 TKI itu belum mendaftarkan diri di BP3TKI Jakarta,”  tutur Delta.
 
Dia juga menyayangkan, PT Citra tidak mengindahkan Surat Edaran BP3TKI Jakarta terkait adanya Moratorium TKI ke Arab Saudi di mana PPTKIS wajib melaporkan keberadaan TKI di penampungannya. PT Citra jelas abai mengindahkan pemberitahuan BP3TKI Jakarta.
 
Hingga kini, Kasubdit Pencegahan TKI Ilegal BNP2TKI, Kombes Pol Yunarlim Kombes Yunarlim sedang sedang mendata ke-46 TKI di kantor BP3TKI Jakarta guna kepentingan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). “Kami tengah mendalami kasus ke-46 TKI ini guna penyelidikan lebih lanjut,”  papar Yunarlim.
 
Dia menambahkan, ke 46 TKI itu kebanyakan berasal dari Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.  Selain mendata, Yunarlim juga menjelaskan tentang pentingnya setiap TKI yang akan berangkat memiliki KTKLN. “KTKLN merupakan instrumen perlindungan bagi setiap TKI yang akan bekerja ke luar
negeri,” tutur Yunarlim.

Ke-46 TKI itu diselamatkan Petugas Direktorat Pengamanan BNP2TKI karena sudah 2,5 bulan mereka ditampung di PT Citra Putra Indarab yang berlokasi di Duren Sawit, Jakarta Timur. “Ke-46 itu minta dipulangkan terlebih dahulu. Nanti kalau ada pembukaan pengiriman TKI ke Arab Saudi mereka baru mau diberangkatkan,” papar Yunarlim (Zul/Toh)



Kontak KamiTentang KamiDisclaimerLowongan
Copyright © 2011 design by fonda > www.jakartapress.com

DMCA.com