top
channel
CITYTOUR | KULINER | JAKARTAGUIDE
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 11:35

Pasar Rumput 'Surga' Barang Bekas


Pasar Rumput 'Surga' Barang Bekas

TERKAIT

JAKARTAPRESS.COM - Pasar Rumput adalah nama wilayah di kelurahan Pasar Manggis, Setia Budi, Jakarta Selatan. Karena lokasinya berdampingan dengan Kelurahan Manggarai, orang terbiasa menyebut Pasar Rumput, Manggarai.

Di kawasan ini, dari dulu terkenal dengan barang-barang bekas berkualitas. Mulai dari alat-alat medis, closed duduk, alat-alat olah raga, sepeda built up, hingga sepatu-sepatu impor bermerk.

Uniknya, barang-barang tersebut dijajakan dikios-kios sederhana, di sepanjang Jalan Sultan Agung. Bahkan, beberapa pedagang sepeda hanya memanfaatkan pelataran parkir ruko.

Namanya barang bekas, tentu saja harganya jauh lebih miring. Tengok saja, kursi roda merk Gea yang di pasaran harga barunya dibandrol Rp 700 ribu, di Pasar Rumput hanya di jual Rp 300 ribu. Padahal kondisinya masih seperti baru.

Lain halnya dengan sepatu-sepatu impor. “Disini tidak hanya murah tapi komplit, karena di toko sudah tidak ada yang jual,” terang Pardi (34), pedagang sepatu yang mengaku sudah berdagang di kawasan itu sejak 10 tahun lalu.

Sementara itu, berbagai merk sepeda baru dan bekas juga tersedia. Mulai dari Marin, Specialized, Giant hingga Sepeda Pixi. Harganya pun jauh lebih murah dari harga di toko, lantaran para pedagang di Pasar Rumput sengaja merakit sendiri.

Sepeda Pixi baru, yang umumnya dibandrol Rp 2-3 juta, di Pasar Rumput diobral Rp 1,5 juta. “Tergantung dari kondisinya juga,” tutur Sis (36), pedagang sepeda yang sudah 12 tahun berjualan di Pasar Rumput.

Dalam satu hari, Sis bisa menjual 4-5 unit. Di hari libur, biasanya lebih ramai pengunjung dan dagangannya bisa laku hingga 10 unit. Konsumennya pun bervariasi. Mulai dari kalangan bawah hingga bermobil.  [den]

   






KOMENTAR ANDA

Kontak KamiTentang KamiDisclaimerLowongan
Copyright © 2011 design by fonda > www.jakartapress.com

DMCA.com